WHAT'S NEW?
Loading...

Bagian Tubuh yang Tak Boleh Sering Disentuh Tangan



TANPA disadari tangan kita sering menyentuh anggota tubuh lainnya seperti mengucek mata atau memasukkan tangan ke dalam lubang telinga. Padahal tangan kita ternyata banyak kuman yang tak mudah terdeteksi.
Padahal cara itu tidak disarankan oleh para ahli, apalagi kalau Anda tidak cuci tangan terlebih dahulu. Ingat ya, jangan terlalu sering menyentuh empat bagian tubuh berikut ini, sebagaimana dilansir Prevention, Senin (6/7/2015).
Lubang telinga

Saat lubang telinga terasa gatal tak sedikit orang suka memasukkan jari tangan ke dalam lubang telinga. Padahal cara itu dapat merobek kulit tipis yang melapisi saluran telinga, atau bahkan bisa membuat infeksi telinga jika terlalu sering dilakukan.
Wajah

Anda dapat menggunakan tangan Anda untuk mencuci muka atau menerapkan perawatan kulit. Terkadang ada juga orang yang suka meraba bagian wajah pada suatu kondisi. Ingat, jika tidak cuci tangan sebelum menyentuh wajah, tangan Anda mengandung kuman yang mudah mengiritasi kulit wajah.
Pantat
Usai buang air besar kita selalu mencuci lubang anus dengan jari-jari tangan. Jangan lupa setelah itu cuci tangan pakai sabun dengan langkah yang tepat, untuk meminimalisir kuman yang tertinggal di tangan dan menyebabkan penyakit.
Mata

Jika mata terasa gatal, tangan kita refleks ingin menguceknya. Hal ini sebenarnya tidak boleh dilakukan karena bisa membuat mata merah dan iritasi, apalagi kalau Anda mengucek dengan keadaan tangan kotor.

0 comments:

Post a Comment