WHAT'S NEW?
Loading...

Mata Berkedut, Masa Iya Ada yang Kangen?


TANPA sadar, mata kita seringkali berkedut dengan sendirinya. Kita pun kerap bertanya-tanya, kenapa hal itu bisa terjadi? Untuk tahu lebih jelasnya, simak penuturan ahli berikut ini ! 
Dijelaskan sejumlah ahli kesehatan, mata berkedut punya istilah medis fasikulasi. Kondisi tersebut akan mempengaruhi kelopak mata atas, melibatkan otot kelopak mata bawah, atau keduanya. Dikatakan pula bahwa kedutan itu bisa terjadi pada satu mata atau dua mata sekaligus secara spontan.
Kendati masih belum yakin tentang penyebab mata berkedut, namun sejumlah ahli mata percaya jika hal itu punya hubungan dengan stres, kelelahan, dan konsumsi kafein yang berlebihan, demikian seperti dilansir Everyday Health.
“Penyebab lainnya, bisa juga karena iritasi mata, ketegangan mata, atau mata kering” ujar dokter mata dari Bethesda, Alberto Martinez, MD,.
Martinez menambahkan, mata berkedut juga bisa menjadi tanda awal gangguan neurologis, blepharospasm (kelopak mata kejang) atau amyotrophic lateral sclerosis (penyakit Lou Gehrig). Sementara untuk kasus yang lebih serius, lanjutnya, kelopak mata bisa menutup dan mengalami kontraksi parah (disebabkan iritasi kornea atau konjungtiva).
Secara umum, kedutan mata yang berlangsung sebentar tidaklah berbahaya dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Masalah kesehatan tersebut sejatinya bisa diatasi dengan istirahat cukup, meminimalisir stres, serta mengurangi asupan kafein.
“Namun, jika kedutan mata Anda berlangsung selama satu minggu atau lebih, ada baiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut” tutup Martinez.

1 comment: Leave Your Comments