WHAT'S NEW?
Loading...

5 Tips Sederhana Agar Selalu Bersyukur



Rasa syukur merupakan salah satu sumber kebahagiaan. Banyak orang merasa kurang beruntung dalam hidup ini dan mengabaikan segala kelebihan yang telah dikaruniakan padanya sehingga lupa dan enggan bersyukur. Jika Anda menyadari keadaan Anda dan ingin agar selalu bersyukur, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan rasa syukur Anda pada Yang Maha Kuasa. 

1. Hargai setiap kenikmatan hidup. Banyak sekali nikmat dan karunia yang diberikan Tuhan untuk kita, mulai dari udara pagi yang Anda hirup setiap bangun tidur, makanan yang Anda makan, pekerjaan dan keluarga yang Anda miliki. Hargailah semuanya walaupun tidak sebesar yang Anda harapkan, karena dengan menghargai segala nikmat yang Anda dapatkan, maka nikmat dan karunia itu akan bertambah dan membuat hidup Anda lebih bahagia. 

2. Membiasakan ucapan terima kasih. Rasa terima kasih merupakan salah satu bentuk rasa syukur khususnya pada sesama manusia. Biasakanlah untuk selalu mengucapkan terima kasih saat Anda mendapatkan pertolongan dan bantuan dari siapapun, karena rasa terima kasih yang Anda ucapkan akan menyebarkan kebahagiaan baik pada diri Anda maupun pada orang lain yang menolong Anda. 

3. Introspeksi dan renungkan hidup. Renungkanlah hal-hal baik yang Anda dapatkan sepanjang waktu, mulai dari hal sederhana seperti kesehatan, rasa aman, kehidupan yang tenang dan hal baik lainnya. Pikirkan dan introspeksilah diri Anda bahwa tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mensyukuri hal-hal baik tersebut. 

4. Lihatlah orang yang tidak seberuntung Anda. Jika Anda mengeluh tentang makanan Anda, ingatlah diluar sana banyak orang yang harus berjuang mati-matian untuk mendapatkan sesuap nasi. Jika Anda mengeluh tentang pekerjaan Anda, ingatlah masih banyak orang yang menganggur dan mendambakan pekerjaan yang Anda dapatkan saat ini. Banyak sekali orang yang tidak seberuntung Anda dan ternyata tidak mengeluh serta tetap berjuang demi hidup yang lebih baik. Syukurilah keadaan Anda saat ini dan bahagialah karena Anda masih jauh lebih beruntung dari banyak orang di luar sana. 


5. Mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Banyak-banyaklah berdoa dan mendekatkan diri Anda pada Yang Maha Kuasa. Ucapkan rasa syukur Anda dalam doa dan ibadah yang Anda lakukan. Jika Anda bersyukur atas nikmat yang Anda dapatkan, maka Tuhan YME akan menambah nikmat tersebut dan membahagiakan hidup Anda. Jangan mengeluh dengan keadaan Anda saat ini, syukuri setiap nikmat dan karunia yang Anda rasakan dalam hidup dan ingatlah masih sangat banyak orang yang tidak seberuntung diri Anda. Tidak ada alasan untuk tidak bersyukur, maka bersyukurlah dan rasakan kebahagiaan yang akan Anda dapatkan dengan membiasakan diri untuk selalu bersyukur.

0 comments:

Post a Comment